Senin, 26 Juni 2023

Analisis Jurnal

 

LAPORAN REVIEW ANALISIS JURNAL

MATA KULIAH

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH

DALAM PENERAPAN MANAJEMEN

(STUDY KASUS SEKOLAH DASAR AL-AZHAR SRIWIJAYA PALEMBANG)

 

 

 

Di Susun Oleh :

Suci Novianti              211011650039

Sherly Jihan Adina     211011650032

 



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS PAMULANG

2022

 

A.    Resume Jurnal

-          Judul Jurnal                       : Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam

Penerapan Manajemen (Study Kasus Sekolah Dasar Al-Azhar Sriwijaya Palembang)

-          Nama Jurnal                      : Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia

-          Peneliti                              : Mohammad Zalmi Kahardani, Mohammad Trisamanta,

  Medya Apriliansyah, Wylen Djap, Trifiana Tiodora

-          Penerbit                             : Universitas Pelita Harapan

-          Tahun                                : 2021

-          Kata Kunci                        : Gaya Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Manajemen

  Sekolah, Sekolah Dasar

-          Reviewer                           : Suci Novianti, Sherly Jihan Adina

-          Tanggal Analisis               : 21 September 2022

-          Volume dan Halaman       : Vol 5, No. 2, Hal 362-372

 

B.     Analisis Jurnal

 

Latar Belakang

Al-Azhar Sriwijaya Palembang  adalah salah satu sekolah dasar yang  sedang concern dalam meningkatkan  kemampuan kepemimpinan kepala  sekolahnya. Telah berdiri sejak 2013,  dan telah memiliki 60-an karyawan, 352 siswa, dan 500 lebih alumni.  Manajemen sekolah Al-azhar Sriwijaya sangat memperhatikan pelayanan, dimana peran dan gaya kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu hal vital yang  menentukan kesuksesan tersebut  kedepannya, tentunya dapat membuat  suatu manajemen yang baik kedepannya.

Metode Penelitian

Adapun metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan metode pendakatan kualitatif dan Sumber data dalam penelitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik triangulasi  dalam mendapatkan validitas data, dan Konsep triangulasi berarti  membandingkan data yang diperoleh dari berbagai sumber. Objek penelitianya adalah Sekolah Dasar Al-Azhar Sriwijaya Palembang serta subjek penelitiannya adalah kepala sekolah dan karyawan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui wawancara dan observasi.

Tujuan Penulis

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis gaya kepemimpinan kepala sekolah khususnya di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar Sriwijaya Palembang. Dan memaksimalkan seluruh potensi stakeholders yang ada di sekolah yaitu guru /staff, orang tua murid dan murid agar dapat membantu dalam penerapan manajemen sekolah yang lebih efektif.

Faktor Penyebab Permasalahan

Kepemimpinan melibatkan pengaruh perilaku dan termasuk perhatian kolektif terhadap tujuan organisasi. Manajemen sekolah yang tidak efektif merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kualitas Pendidikan, dalam mengingat tantangan dan keluhan yang dihadapi pengelolaan. Sebagian besar variabel sekolah, yang dianggap terpisah, memiliki pengaruh paling signifikan terhadap pembelajaran. Dan Kepemimpinan adalah yang kedua setelah pengajaran di kelas di antara faktor-faktor terkait sekolah yang mempengaruhi pembelajaran siswa di sekolah.

Teori Permasalahan

Bahwa kepemimpinan terjadi dalam kelompok, kepemimpinan melibatkan pengaruh perilaku dan termasuk perhatian kolektif terhadap tujuan organisasi. Pemimpin sekolah dituntut untuk memiliki kualitas profesional seperti jujur, pemberdayaan masyarakat, inspirasi, memberikan contoh yang baik, memimpin perubahan, pemimpin visioner, berwawasan ke depan dan menunjukkan kompetensi dalam posisi kepemimpinan.

Hasil Temuan & Bahasan

1)Pengambilan Keputusan Sekolah
Sebagian besar keputusan di sekolah dilaksanakan dengan musyawarah. Terkecuali untuk peraturan prinsip seperti peraturan sekolah dan peraturan guru. Menurut semua staff / guru, hampir semua pendapat diterima, tetapi memang keputusan Akhir akan diputuskan oleh kepala sekolah karna kepala sekolah adalah penentu cita-cita sekolah sekarang dan kedepannya.
2)Komunikasi & Administrasi
Hampir semua guru mengatakan, gaya komunikasi yang digunakan ramah tetapi tegas. Ramah pada semua tetapi tegas apabila terjadi kesalahan atau ketidaksesuaian dengan pandangan kepala sekolah.
3)Budaya & Organisasi
Kepala sekolah harus menularkan budaya yang baik dan membangun di sekolah. Dengan mengembangkan budaya perubahan (kearah yang lebih baik) menjadi salah satu faktor terciptanya manajemen sekolah yang lebih efektif.
4)Teknologi & Sistem Informasi
Penerapan pengembangan sistem informasi dan teknologi sudah sangat baik diterapkan oleh kepala sekolah.karna membantu hubungan komunikasi dan kordinasi dengan guru, staff dan orang tua murid.

Solusi & Sudut Pandang

Menurut kami cara untuk menemukan  suatu solusi yaitu dengan menentukan proses penerapan menejemen sekolah serta menerapkan beberapa gaya kepemimpinan agar kombinasi gaya kepemimpinan ini memiliki tujuan akhir memaksimalkan seluruh potensi stakeholders yang ada di sekolah yaitu guru atau staff, orang tua murid dan dapat membantu dalam penerapan manajemen sekolah yang lebih efektif.

Saran

Gaya kepemimpinan lebih baik diterapkan dibanding dengan satu gaya kepemimpinan saja karena gaya kepemimpinan atau beberapa kombinasi gaya kepemimpinan lebih cenderung mengarah pada peningkatan sekolah daripada yang lain. Karna gaya
kepemimpinan yang berbeda tampaknya berhasil untuk pemimpin yang berbeda dalam situasi yang berbeda, yang mengarah ke pernyataan bahwa tidak ada gaya kepemimpinan tunggal yang terbaik, karena faktanya pemimpin yang paling sukses cenderung mengadopsi sebagian besar atau semua gaya yang berbeda.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar